Tugas 1 Matakuliah BAHASA INDONESIA (Membuat Blog dan Mengomentari Skripsi)

Nama                    : Setiawan Bayu Puja Saputra

No Reg                  : 5235127266

Prodi                     : PTIK  2012 (NONREG)

Judul Skripsi     : PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000

Pengarang               : Abdullah

 

 

TUGAS 1

Kerangka Skripsi

 

ABSTRAK

LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR TABEL

DAFTAR LAMPIRAN

BAB 1  PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Identifikasi Masalah
  3. Pembatasan Masalah
  4. Perumusan Masalah
  5. Tujuan Penelitian
  6. Kegunaan Penelitian

BAB II    KERANGKA TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR

  1. Kerangka Teoritis
    1. Pengajaran dengan meggunakan media
    2. Belajar Melalui Komputer
    3. Belajar Melalui Internet
    4. Pengertian Internet
    5. Sejarah World Wide Web
    6. Cara Kerja World Wide Web
    7. Home Page
    8. Browser
    9. Desain Instruksional
    10. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
    11. Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU)
    12. Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG)
    13. Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD )
    14. Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTBP)
    15. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  2. Kerangka Berfikir

BAB III   METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tujuan
  2. Definisi Oerasional
  3. Tempat dan Waktu Penelitian
  4. Metodologi Penelitian
  5. Alat Yang Digunakan
  6. Evaluasi Formatif
  7. Populasi dan Sampel
  8. Pelaksanaan Penelitian

BAB IV  HASIL PENELITIAN

  1. Tampilan Program
  2. Hasil Ujicoba Lapangan

BAB V    KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN

  1. Kesimpulan
  2. Implikasi
  3. Saran

DASFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

KOMENTAR TERHADAP SKRIPSI

Dilihat dari tujuan penelitiannya sudah cukup baik, yaitu membuat website media belajar mata kuliah pembangkit listrik yang berisi jenis-jenis pembangkit listirk di internet. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk matakuliah pembangkit listrik  merupakan mata kuliah yang teoritis dan dan membutuhkan alat bantu untuk membuat para perserta didik dapat memvisualisaksikan  materi yang diberikan oleh dosen atau pengajar. Dengan adanya media pembelajaran, dapat membantu pesertaa didik dalam memahami materi yang diberikan. Peserta didik jadi tidak merasa bosan dengan gaya pembelajaran yang hanya dengan metode ceramah. Namun masalahnya adalah apabila media belajar tersebut menggunakan desain atau tampilan yang kurang menarik. Karena ada beberapa pesert didik yang gaya belajarnya secara visual.

 

5 Sumber yang Disebut dalam Skripsi dan Pembanding Artikel.

  • Penelitian

Dalam skripsi : Penelitian adalah alat untuk mengukur atau menentukan taraf tercapai tidaknya tujua pembelajaran.

Sumber lain : Penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu antarfenomena. Sedangkan menurut Kelinger (1986: 17-18)

Sumber : http://silmya.wordpress.com/2010/09/24/definisi-penelitian/

akses 25-02-2014 14.10

 

  • E-learning

Dalam skripsi : E-learning adalah model balajar memperkaya pengetahuan melalui bebagai situs yang terdapat dalam jaringan internet.

Sumber lain : Menurut Jonathan H. Turner, teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu hal/peristiwa terjadi.

Sumber : http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_menurut_para_ahli_info502.html

akses 25-02-2014 14.20

 

  • Internet

Dalam skripsi : Internet adalah hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan menggunakan jalur telekokomunikasi seperti telpon.

Sumber lain : Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer di seluruh duni, emlalui telepon, satelit dan sistem komunikasi lainnya. Dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.

Sumber : http://budinugroho24.wordpress.com/about/pengertian-internet-atau-definisi-internet-2/

akses 25-02-2014 14.28

 

  • Desain Instruksional

Dalam skripsi : Desain instruksional adalah keseluruhan proses analis kebutuhan dan tujuan belajar serta pengembangan teknik mengajar dan materi pengajarannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sumber lain : Menurut Hamrenus dan Suparman, desain instruksional merupakan proses sistematik untuk memungkinkan tujuan umum dicapai melalui proses belajar yang efektif. Proses yang sistemtik itu dimulai dengan tujuan umum.

Sumber : http://zultogalatp.wordpress.com/2013/06/14/konsep-dan-model-pengembangan-desain-instruksional/

akses 25-02-2014 14.30

 

  • Siklus Raknkine

Dalam skripsi : Siklus rankine adalah siklus teoritis paling sederhana yang mempergunakan uap sebagai medium kerja sebagaimana dipergunakan pada sebuah pusat listrik tenaga uap.

Sumber lain : Siklus rankine adalah sebuah siklus yang mengkonversi energi panas menjadi energi kerja(gerak).

http://onnyapriyahanda.com/siklus-rankine/

akses 25-02-2014 14.35

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s