Tugas 4 Bahasa Indonesia

Nama             : Setiawan Bayu Puja Saputra

No Reg          : 5235127266

Prodi              : PTIK NR 2012

TUGAS           : BAHASA INDONESIA (Tugas 4)

  1. Dalam metode pengajaran ada dua aspek yag pling menonjol yakni metode mengajar dan media pengajaran sebagai alat bantu pengajaran. Sedangkan penelitian adalah alat untuk mengukur atau menentukan taraf tercapai tidaknya tujuan pengajaran. Media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil blajar yang dicapainya. Halaman 32.
  • Kesalahan pada kalimat tersebut yaitu tidak ada koherensi antar kalimatnya. Pada kalimat pertama membahas arti dari metoda pengajaran, namun pada kalimat kedua membahas tentang penelitian.
  1. Pertama kali muncul world wide web, browser hanya mampu menampilkan informasi dalam bentuk teks. Lynx merupakan salah satu contoh browser teks yang digunakan pada sistem Unix dan VMS.. Pada tahun 1993, NCSA membuat browser Mosaic yang mempunyai kemampuan lebih baik daripada browser-browser sebelumnya dan juga disertai dengan kemampuan menampilkn gambar. Sejak kemunculan NCSA mosaic ini, world wide web mulai berkembang dengan pesat.
  • Kesalahan pada paragraf tersebut yaitu tidak koheren antara kalimatnya. Kalimat satu dengan kalimat kedua tidak ada keterkaitannya.
  1. Uap terpakai untuk memasuki kondensor didinginkan oleh pendingin, terjadi kondensasi. Air pendingin biasanya berasal dari laut, sungai atau danau terdekat. Proses kondensasi uap menyebabkan terjadinya pakem yg diperlukan guna meningkatkan efisien turbin. Air hangat yang meninggalkan kondensor dipompa keseluruh pemanas awaal sebelum dikembalikan ke drum boiler. Pemanas awal memperoleh panas dari uap yang diambil dari turbin tekanan tinggi. Menurut berbagai studi yg dilakukan, hal demikian meningkatkan efisiensi keseluruhan PLTU.
  • Kesalahannya terdapat pada kalimat satu. Penggunaan kata “sehingga” setelah tanda koma. Sehingga tersusun kalimat yang mengandung sebab-akibat.
  1. Bahan bakar yang dipakai biasanya terdiri atas batu bara, minyak bakar, atau gas bumi. Memasukan ke pembakar boiler, batu bara digiling terlebih dahulu. Demikian pula minyak bakar perlu dipanaskan, sebelum dapat dialirkan ke pembakar boiler. Sebuah kipas mengatur masuknya udara ke dalam boiler dalam jumlah besar sebagaimana diperlukan guna pembakaran. Dan sebah kipas lain mengatur agar semua gas buang melewati berbagai alat pembersih sebelum dialirkan ke cerobong  dan dilepas di udara bebas. Generator listrik terpasang pada poros dengan ketiga turbin.
  • Kesalahan pada kalimat tersebut yaitu tidak memberikan instruksi secara jelas. Berhubung kalimat tersebut merupakan kalimat yang menjelaskan langkah-langkah, maka harus menggunakan kata-kata yang menunjukan alurnya. Seperti selanjutnya, setelah itu, dll.
  1. Misalnya suatu tungku berisi batu bara yang membakar. Batu bara ini telah digiling sebelumnya sampai mencapai ukuran butir beras, akan tetapi tidak sampai hancur menjadi abu. Udara yang diperlukan bagi proses pembakaran ditiup ke atas dari dasar tungku. Dasar itu terbentuk semacam rangka pegangan atau kisi berlubang. Kecepatan atau kekuatan udara yang ditiup ke atas diatur sedemikian rupa, sehingga butir-butir batu bara agak terangkat sedikit, tanpa membawa yang mengambang. Dengan mengatur sirkulasi udara secara baik, butir-butir itu bergerak kesana-kemari  sedikit, sehingga memberikan efek pembakaran yang baik.
  • Kesalahan pada kalimat tersebut yaitu tidak memberikan instruksi secara jelas. Berhubung kalimat tersebut merupakan kalimat yang menjelaskan langkah-langkah, maka harus menggunakan kata-kata yang menunjukan alurnya. Seperti selanjutnya, setelah itu, dll.
  1. Keadaan ideal, mudah menguntungkan untuk memanfaatkan sumber daya panas bumi adalah bilamana energi yang keluar dari perut bumi itu langsung berbentuk uap kering. Jenis uap demikian jarang ditemukan. Biasanya uap itu akan berupa uap basah, yang mengandung sejumlah air, yang harus dipisahkan dulu sebelum uap tersebut dapat diapakai dalam turbin.
  • Kesalahan pada kalimat tersebut yaitu tidak memberikan instruksi secara jelas. Berhubung kalimat tersebut merupakan kalimat yang menjelaskan langkah-langkah, maka harus menggunakan kata-kata yang menunjukan alurnya. Seperti selanjutnya, setelah itu, dll.
  1. Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, pada reaksi nuklir terjadi sinar-sinar radio aktif yang berbahaya sekali  bagi kehidupan dan lingkungan. Dengan demikian pengoperasian sebuah PLTN harus dilakukan dengan kecermatan yang tinggi, agar keselamatan personil, keselamatan lingkungan, dan keselamatan alat yang dioperasikan terajaga. Sampah atau limbah radioaktif, juga merupakan masalah besar, yakni masalah pembuangannya. Dengan sampah radioaktif terutama dimaksudkan bahan bakar bekas atau terpakai. Bahan bakar beakas ini memiliki tingkat radioaktif yg tinggi sekali. Pembuangan yang pada saaat ini dianggap cukup aman menanamnya dibawah tanah sedalam 5-600 m.
  • Kesalahan adalah tidak koheren materi yang dibahas. Pada paragraf ini membahas radiaktif pada PLTN. Padahal kalimat sebelumnya tidak membahas radioaktif dan PLTN.
  1. PLTN gas suhu tingggi mempergunakan gas mulia, seperti helium atau karbondioksida sebagai pendingin, sebagai moderator dipergunakan grafik. Suhu operasi adalah tinggi (Ik 750C), sehingga efisiensinya daat mencapai 4%.
  • Kesalahan pada kalimat tersebut yaitu pengguanaan tanda baca koma (,) yang berlebihan. Penggunaaan tanda baca koma seharusnya hanya pada setelah kata “pendingin”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s