Tugas 1, 2 dan 2A Bahasa Indonesia

Nama             : Setiawan Bayu Puja Saputra

No Reg          : 5235127266

Prodi              : PTIK NR 2012

TUGAS           : BAHASA INDONESIA (1, 2 DAN 2A)

TUGAS 1

JUDUL SKRIPSI

PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000

KERANGKA KARANGAN

ABSTRAK

LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR TABEL

DAFTAR LAMPIRAN

BAB 1  PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Identifikasi Masalah
  3. Pembatasan Masalah
  4. Perumusan Masalah
  5. Tujuan Penelitian
  6. Kegunaan Penelitian

BAB II    KERANGKA TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR

  1. Kerangka Teoritis
    1. Pengajaran dengan meggunakan media
    2. Belajar Melalui Komputer
    3. Belajar Melalui Internet
    4. Pengertian Internet
    5. Sejarah World Wide Web
    6. Cara Kerja World Wide Web
    7. Home Page
    8. Browser
    9. Desain Instruksional
    10. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
    11. Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU)
    12. Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG)
    13. Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD )
    14. Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTBP)
    15. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  2. Kerangka Berfikir

BAB III   METODOLOGI PENELITIAN

  1. Tujuan
  2. Definisi Oerasional
  3. Tempat dan Waktu Penelitian
  4. Metodologi Penelitian
  5. Alat Yang Digunakan
  6. Evaluasi Formatif
  7. Populasi dan Sampel
  8. Pelaksanaan Penelitian

BAB IV  HASIL PENELITIAN

  1. Tampilan Program
  2. Hasil Ujicoba Lapangan

BAB V    KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN

  1. Kesimpulan
  2. Implikasi
  3. Saran

DASFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

KOMENTAR TERHADAP SKRIPSI

Dilihat dari tujuan penelitiannya sudah cukup baik, yaitu membuat website media belajar mata kuliah pembangkit listrik yang berisi jenis-jenis pembangkit listirk di internet. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk matakuliah pembangkit listrik  merupakan mata kuliah yang teoritis dan dan membutuhkan alat bantu untuk membuat para perserta didik dapat memvisualisaksikan  materi yang diberikan oleh dosen atau pengajar. Dengan adanya media pembelajaran, dapat membantu pesertaa didik dalam memahami materi yang diberikan. Peserta didik jadi tidak merasa bosan dengan gaya pembelajaran yang hanya dengan metode ceramah. Namun masalahnya adalah apabila media belajar tersebut menggunakan desain atau tampilan yang kurang menarik. Karena ada beberapa pesert didik yang gaya belajarnya secara visual.

 

SUMBER TEORI

Berdasarkan teori yang tertulis pada skripsi, penelitian adalah alat untuk mengukur atau menentukan taraf tercapai tidaknya tujua pembelajaran.

Sedangkan menurut Kelinger (1986: 17-18), penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu antarfenomena.

Sumber : http://silmya.wordpress.com/2010/09/24/definisi-penelitian/

 

Berdasarkan teori yang tertulis pada skripsi E-learning adalah model balajar memperkaya pengetahuan melalui bebagai situs yang terdapat dalam jaringan internet.

Sedangkan menurut Jonathan H. Turner, teori adalah sebuah proses mengembangkan ide-ide membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu hal/peristiwa terjadi.

Sumber : http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_menurut_para_ahli_info502.html

 

Berdasarkan teori yang tertulis pada skripsi, Internet adalah hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan menggunakan jalur telekokomunikasi seperti telpon.

Sedangkn menurut sumber lain, internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer di seluruh duni, emlalui telepon, satelit dan sistem komunikasi lainnya. Dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.

Sumber : http://budinugroho24.wordpress.com/about/pengertian-internet-atau-definisi-internet-2/

 

Berdasarkan teori yang tertulis pada skripsi,  desain instruksional adalah keseluruhan proses analis kebutuhan dan tujuan belajar serta pengembangan teknik mengajar dan materi pengajarannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Menurut Hamrenus dan Suparman, desain instruksional merupakan proses sistematik untuk memungkinkan tujuan umum dicapai melalui proses belajar yang efektif. Proses yang sistemtik itu dimulai dengan tujuan umum.

Sumber : http://zultogalatp.wordpress.com/2013/06/14/konsep-dan-model-pengembangan-desain-instruksional/

 

Berdasarkan teori yang tertulis pada skripsi,  siklus rankine adalah siklus teoritis paling sederhana yang mempergunakan uap sebagai medium kerja sebagaimana dipergunakan pada sebuah pusat listrik tenaga uap.

Sedangkan sumber lain mengatakan bahwa siklus rankine adalah sebuah siklus yang mengkonversi energi panas menjadi energi kerja(gerak). http://onnyapriyahanda.com/siklus-rankine/

TUGAS 2

Perbaikan penggunaan huruf kapital dan huruf dicetak miring pada skripsi yang berjudul PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000.

  1. Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling merujuk yakni mengajar dan media pembelajaran sebagai alat Bantu pengajaran. Seharusnya huruf “B” menggunakan huruf kecil.

Terdapat kesalahan pada penulisan kata “bantu”, seharusnya menggunakan huruf “b” karena merupakan kata yang tidak menjelaskan kata lainnya. Penulisannya adalah sebagai berikut :

Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling merujuk yakni mengajar dan media pembelajaran sebagai alat bantu pengajaran.

  1. Model ini dikembangkan dalam bentuk : Tutorial, Computer Based, Audio/Tele Conference.

Kesalahan pada penulisan kalimat tersebut adalah penulisan kata “computer based, audio/tele conferrence” tidak dicetak miring. Berhubung kata tersebut merupakan kata dalam bahasa asing, maka seharusnya kata tersebut dicetak miring seperti berikut :

Model ini dikembangkan dalam bentuk : Tutorial, Computer Based, Audio/Tele Conference.

  1. Sedangkan belajar jarak jauh dengan bentuk asynchronous dalam model belajar terpisah jarak antara guru/instruktur dan dilakukan tidak dalam wakti bersamaan sehingga siswa dapat mengatur sendiri kecepatan waktu belajarnya.

Kesalahan pada penulisan kalimat tersebut adalah penulisan kata “asynchronous” tidak dicetak miring. Berhubung kata tersebut merupakan kata dalam bahasa asing, maka seharusnya kata tersebut dicetak miring seperti berikut :

Sedangkan belajar jarak jauh dengan bentuk asynchronous dalam model belajar terpisah jarak antara guru/instruktur dan dilakukan tidak dalam wakti bersamaan sehingga siswa dapat mengatur sendiri kecepatan waktu belajarnya.

  1. Cara belajar jarak jauh asynchronous dikembangkan dalam bentuk :Correspondance Course, Distributed  Learning, Web Based Training, dan E-Learning.

Kesalahan pada penulisan kalimat tersebut adalah penulisan kata “Correspondance Course, Distributed  Learning, Web Based Training, dan E-Learning” tidak dicetak miring. Berhubung kata tersebut merupakan kata dalam bahasa asing, maka seharusnya kata tersebut dicetak miring seperti berikut :

Cara belajar jarak jauh asynchronous dikembangkan dalam bentuk :Correspondance Course, Distributed  Learning, Web Based Training, dan E-Learning.

  1. Internet berasal dari kata Interconnection Network yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jaringan telekomunikasi seperti telepon.

Pada kata “Interconnection Network” seharusnya tidak menggunakan huruf besar sebab bukan penjelasan dari sebuah singkatan. Cukup dengan di cetak miring pada kata tersebut untuk menunjukan bahwa kata tersebut ialah kata serapan. Dan penulisan yang benar adalah sebagai berikut :

Internet berasal dari kata interconnection network yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jaringan telekomunikasi seperti telepon.

  1. CERN bukanlah satu Institut Swiss tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh negara di Eropa.
    Pada kata “Institut Swiss” tidak lah harus menggunakan huruf besar pada awal kata karena itu bukan sebuah nama lembaga/institut dibidang pendidikan di Swiss, namun hanya sebuah keterangan. Seharusnya penulisannya adalah sebagai berikut :

CERN bukanlah satu institut Swiss tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh negara di Eropa.

  1. Web browser pertama dibuat dengan berbasis pada teks.

Kesalahan pada kata “web browser” yaitu tidak di cetak miring pada kata tersebut. Padahal web browser merupakan kata serapan dari bahasa asing yang harusnya dicetak miring sebagai pembeda dari kata lainnya. Penulisan yang benar adalah sebagai berikut :

Web browser pertama dibuat dengan berbasis pada teks.

  1. Di bulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protocol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar diseluruh dunia untuk saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Pada kata “Internet” menggunakan huruf besar di awal katanya. Padahal maksud pada konteks kalimat disini hanya berupa kata yang tidak memiliki arti khusus atau lainnya. Maka penulisan kalimat tersebut seharusnya adalah sebagai berikut :

Di bulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protocol sistem distribusi informasi di internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar diseluruh dunia untuk saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

  1. Jika suatu link di klik, browser akan melihat alamat dari tujuan data tersebut dan kemudian mencarinya di web browser.

Terdapat kesalahan penulisan pada kata “web browser”, seharusnya kata tersebut dicetak miring karena merupakan kata serapan bahas asing yang seharunya dicetak miring. Seharusnya penulisan kalimat tersebut adalah sebagai berikut :

Jika suatu link di klik, browser akan melihat alamat dari tujuan data tersebut dan kemudian mencarinya di web browser.

  1. Belakangan ini dunia browser menjadi lebih semarak lagi setelah Microsoft pembuat software terbesar di dunia ikut terjun ke kancah world wide web dengan mengeluarkan browser internet.

Kesalahan pada kata “world wide web” yaitu tidak di cetak miring pada kata tersebut. Padahal kata tersebut merupakan kata serapan dari bahasa asing yang harusnya dicetak miring sebagai pembeda dari kata lainnya. Penulisan yang benar adalah sebagai berikut :

Belakangan ini dunia browser menjadi lebih semarak lagi setelah Microsoft pembuat software terbesar di dunia ikut terjun ke kancah world wide web dengan mengeluarkan browser internet

 

 

Carilah lima istilah bahasa asing yang terdapat pada skripsi yang berjudul “PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000”.

 

Istilah asing                         : Server

Makna istilah                      : Pelayan

Kaidah penulisan             :Penulisannya dicetak miring karena sebagai bahasa serapan dan untuk menjelaskan kata itu sendiri.

Arti istilah                           : Sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu          dalamsebuah jaringan komputer.

 

Istilah asing                         : Web Browser

Makna Istilah                     : Penjelajah Web

Kaidah penulisan              : Penulisannya dicetak miring karena sebagai bahasa serapan dan untuk menjelaskan kata itu sendiri.

Arti istilah                            : Program yang digunakan untuk menjelajah internet dan untuk mencari informasi dari suatu web.

 

Istilah asing                         : System

Makna istilah                      :Kesatuan komponen

Kaidah penulisan              : Penulisannya dicetak miring karena sebagai bahasa serapan dan untuk menjelaskan kata itu sendiri. Dan bisa juga menggunakan kata “sistem”.

Arti istilah                            : Kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan dan masih berada dalam satu wilayah.

 

Istilah asing                         : Boiler

Makna istilah                      : Alat menghasilkan uap air

Kaidah penulisan             : Penulisannya dicetak miring karena sebagai bahasa serapan dan untuk menjelaskan kata itu sendiri seperti “boiler”

Arti istilah                            : Wadah yang berfungsi sebagai pemanas air, panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam.

 

Istilah asing                         :Sub folder

Makna istilah                      :Folder dalam folder

Kaidah penulisan              : Penulisannya dicetak miring karena sebagai bahasa serapan dan untuk menjelaskan kata itu sendiri seperti “sub-folder”

Arti istilah                            : Folder tempat penyimpanan yang berada didalam folder pula

TUGAS 2A

Perbaikan daftar pustaka dan catatan kaki pada skripsi yang berjudul “ PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000”

  1. Daftar Pustaka

Suharsimi, Arikunto,  “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”, Jakarta: Bina Aksara, 1949

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Suharsimi, Arikunto. 1949. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

 

Abdul, Kadir, “Energi”, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1987

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Abdul, Kadir. 1987. Energi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

 

Hanny, Kamarga, “Belajar Sejarah Melalui E-Learning”, Jakarta: Intimedia, 2002

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Hanny, Kamarga. 2002. Belajar Sejarah Melalui E-Learning. Jakarta: Intimedia

 

John, Latuheru, “Media Pembelajaran”, Jakarta: P2LPTK. 1988

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

John, Latuheru. 1988. Media Pembelajaran. Jakarta: P2LPTK

 

Budi, Purnama, “Belajar Microsoft Frontpage 2000”, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2000

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Budi, Purnama. 2000. Belajar Microsoft Frontpage 2000. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

 

Nana, Sudjana, “Teknologi Pengajaran”, Bandung: Sinar Baru, 1999

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Nana, Sudjana. 1999. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

 

Anas, Sudijono, “Pengantar Statistik Pendidikaa”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Anas, Sudijono. 1997. Pengantar Statistik Pendidikaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

 

Atwi, Suparman, “Desain Instruksional”. Jakarta: PAU-PPAI, 1994

Kesalahannya yaitu menggunakan tanda baca koma (,) antara nama pengarag, judul buku hingga tahun terbit. Judul buku tidak di cetak miring dan urutannya pun tidak benar. Penulisan yang benar yaitu :

Atwi, Suparman. 1994. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI

 

  1. Catatan Kaki

    Nana. Sudjana. “Dasar-dasar Proses Belajar” (Bandung: Sinar Baru, 1989), p 110.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Nana. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar (Bandung: Sinar Baru, 1989), hlm.110.

 

John. Lathuheru. “Media Pembelajaran” (Jakarta: P2LPTK, 1988), p 118.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

John. Lathuheru, Media Pembelajaran (Jakarta: P2LPTK, 1988), hlm.118.

 

Hanny. Kamarga, “Belajar Sejarah Melalui E-Learning” (Jakarta: Intimedia, 2002), p 38.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Hanny. Kamarga, Belajar Sejarah Melalui E-Learning (Jakarta: Intimedia, 2002), hlm.38.

 

Abdul. Gafur, “Desain Instruksional” (Solo: Tiga Serangkai, 1987), p 28.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Abdul. Gafur, Desain Instruksional (Solo: Tiga Serangkai, 1987), hlm.28.

 

Abdul. Kadir, “Energi” (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia UI-Press, 1987), p 153.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Abdul. Kadir, Energi (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia UI-Press, 1987), hlm.153.

 

Atwi. Suparman, “Desain Instruksional” (Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka), p 211.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Atwi. Suparman, Desain Instruksional (Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka), hlm.211.

 

Adam, “Majalah Info Net” (Jakarta: edisi April-Mei, 2002), p 19.

Kesalahan pada catatan kaki tersebut yaitu pada judul buku tidak diberi garis bawah dan untuk penulisan halaman juga seharusnya “hlm.(angka)”. Dan judul buku tidak di cetak miring. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan kaedah EYD adalah sebagai berikut :

Adam, Majalah Info Net (Jakarta: edisi April-Mei, 2002), hlm.19.

 

 

 

Perbaikan tanda baca titik dan koma pada skripsi yang berjudul “ PEMBUATAN WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE 2000”.

  1. Pada halaman 20 terdapat kalimat :

Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengar uraian guru, tetapi juga aktifitas lain seperti mengamati, mendemonstrasikan dan lain-lain.

Seharusnya setelah kata “mendemosntrasikan” terdapat tanda baca koma (,) sebab masih menyebutkan hal lainnya setelah kata tersebut. Dan penulisan yang benar ialah seperti berikut :

Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengar uraian guru, tetapi juga aktifitas lain seperti mengamati, mendemonstrasikan, dan lain-lain.

  1. Pada halaman 77 terdapat kalimat :

Berbeda bila dibandingkan dengan web hosting gratisan yang lain seperti geocities misalnya maka nama user kita akan berada di sub folder abstrak.

Setelah kata penghubung “misalnya” seharusnya diberi tanda koma (,) untuk memperjelas kalimat tersebut. Dan penulisannya adalah sebagai berikut :

Berbeda bila dibandingkan dengan web hosting gratisan yang lain seperti geocities misalnya, maka nama user kita akan berada di sub folder abstrak.

  1. Pada halaman 77 terdapat kalimat :

Sebelum upload file pembangkit tenaga listrik yang sudah dibuat di Microsoft Frontpage ke Netfirm.com sebelumnya kita harus mengetahui konfirmasi password yang diberikan oleh pihak perusahaan Netfirms melalui e-mail yang kita berikan.

Seharusnya setelah kata “Netfirm.com” terdapat tanda baca koma (,) sebelum kalimat penghubung. Dan penulisannya harus sebagai berikut :

Sebelum upload file pembangkit tenaga listrik yang sudah dibuat di Microsoft Frontpage ke Netfirm.com, sebelumnya kita harus mengetahui konfirmasi password yang diberikan oleh pihak perusahaan Netfirms melalui e-mail yang kita berikan.

  1. Pada halaman 32 terdapat kalimat :

Dan untuk mengurangi emisi belerang dipergunakan peralatan desulfurasi gas buang.

Setelah kata “belerang” harus menggunakan tanda baca koma (,) agar kalimat tersebut jelas dan tidak ambigu. Dan penulisannya adalah sebagai berikut :

Dan untuk mengurangi emisi belerang, dipergunakan peralatan desulfurasi gas buang.

  1. Pada halaman 42 terdapat kalimat :

Di Indonesia Perusahaan Umum Lstrik Negara antara lain telah membangun sebuah pusat tenaga listrik dan sistem kombinasi di Gresik, Jawa Timur dengan daya terpasang 15000 MW.

Setelah kata “Indonesia” harus terdapat tanda baca koma (,) karena untuk memisahkan kata keterangan dan subjeknya. Dan penulisannya adalah sebagai berikut :

Di Indonesia, Perusahaan Umum Lstrik Negara antara lain telah membangun sebuah pusat tenaga listrik dan sistem kombinasi di Gresik, Jawa Timur dengan daya terpasang 15000 MW.

  1. Pada halaman 43 terdapat kalimat :

Seorang insinyur jerman bernama Otto membuat sebuah mesin berdasarkan prinsip ini dalam tahun 1876.

Setelah kata keterangan “Otto” seharusnya terdapat tanda baca koma (,) sebab memisahkan anak kalimat. Dan penulisannya adalah sebagai berikut :

Seorang insinyur jerman bernama Otto, membuat sebuah mesin berdasarkan prinsip ini dalam tahun 1876.

  1. Pada halaman 96 terdapat kalimat :

Di samping itu dalam dunia pendidikan bisa dikembangkan lagi ke arah elektronik learning dan fasilitas yang lebih lengkap dan komplit sehingga pendidikan bisa dijangkau kepelosok nusantara dengan biaya yang lebih murah.

Setelah kata penghubunh “setelah itu” lebih baik di tambahkan tanda baca koma (,) untuk menjelaskan dari kalimat penghubung tersebut. Dan penulisannya adalah sebagai berikut :

Di samping, itu dalam dunia pendidikan bisa dikembangkan lagi ke arah elektronik learning dan fasilitas yang lebih lengkap dan komplit sehingga pendidikan bisa dijangkau kepelosok nusantara dengan biaya yang lebih murah.

  1. Pada halaman 81 terdapat kalimat :

Pada bagian bawah home akan muncul link home, kontak balik, dan cari disini.

Sebelum kata “dan” sebarusnya terdapat tanda baca koma (,) seperti berikut :

Pada bagian bawah home akan muncul link home, kontak balik, dan cari disini.

  1. Pada halaman 83 terdapat kalimat :

Untuk melihat yang ada pada link PLTA klik saja sublink perta ayang kita pilih misalnya sublink PLTA CIRATA maka akan tampil tampilan seperti terlihat pada tampilan seperti terlihat di bawah ini.

Setelah kata “pilih” harus disisipkan tanda baca koma (,) untuk memisahkan kata penghubung. Penulisannya seperti berikut :

Untuk melihat yang ada pada link PLTA klik saja sublink perta ayang kita pilih, misalnya sublink PLTA CIRATA maka akan tampil tampilan seperti terlihat pada tampilan seperti terlihat di bawah ini.

  1. Pada halaman 86 terdapat kalimat:

Selain PLTA bisa juga dibuka link ke PLTU.

Seharusnya setelah kata “PLTA” terdapat tanda baca koma (,) sebab dalam kalimat tersebut menjelaskan adanya perbedaan. Penulisannya harus seperti berikut :

Selain PLTA, bisa juga dibuka link ke PLTU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s